
Manfaat Besar Newsletter Bagi Perusahaan
Salah satu alat komunikasi yang dibuat oleh Public Relation, adalah Newsletter. Alat ini dikenal pula dengan sebutan Editorial. Asal mulanya, Newsletter merupakan “House Journal” yaitu terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri. Sekarang, ada perusahaan yang membuat newsletter secara khusus. Biasanya hal itu dijumpai untuk perusahaan besar yang cukup dana dan area usahanya cukup besar. Sedangkan perusahaan kecil yang dananya tidak begitu besar biasanya cukup membuat satu newsletter. Newsletter bersifat periodik waktu terbitnya berisi berita-berita dan artikel yang menarik dan sirkulasinya terbatas.
Pada dasarnya, Newsletter merupakan karya jurnalistik yang berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan dan anggota perusahaan. Newsletter kebanyakan tidak diperjualbelikan. Tetapi ada newsletter yang berlangganan terutama untuk eksternal, bentuk penyajiannya bermacam-macam, mulai yang sederhana dan singkat (beberapa lembar saja) maupun yang lebih lengkap dan mendalam (seperti majalah & tabloid). Newsletter juga menggunakan media internet dikenal dengan “e-magazine” (electronic magazine) yang muncul di website perusahaan.
Dengan membuat Newsletter, semakin membuktikan bahwa public relation tak ubahnya seperti wartawan yang melaksanakan profesi jurnalistik. Dalam pembuatan newsletter terdapat tahap pekerjaan jurnalistik, seperti mencari berita, menulis berita, mengedit, mengatur tata letak (layout), hingga percetakannya, Untuk percetakannya biasanya diserahkan kepada pihak lain.
Newsletter memiliki fungsi penting bagi perusahaan. Berikut fungsi tersebut:
- Memberikan dorongan untuk membuat komitmen memberikan yang terbaik bagi perusahaan serta perbaikan moral kerja karyawan-karyawanya, antara lain sebagai wahana pengakuan terhadap prestasi kerja karyawan.
- Sebagai media komunikasi yang menjebatani pihak manajemen dan karyawan sehingga terjadi komunikasi dua arah karyawan misalnya, bisa memperoleh informasi tentang strategi dan tujuan perusahaan serta informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.
- Sebagai media publikasi melalui penyampaian informasi tentang kegiatan atau apa saja yang berkaitan dengan perusahaan kepada pihak lain.
- Sebagai wahana penjalin hubungan dengan public internal & eksternal
- Sebagai representative citra Korporat di mata publik baik buruknya kualitas newsletter akan menunjukan citra siapa pembuatnya.