Jaga Kepercayaan, Lembaga Pemerintah Diminta Kelola Medsos Official dengan Profesional
Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui lembaga di bawahnya diharapkan mengelola akun media sosial (medsos) secara profesional. Serta diharapkan merespons cepat atas berbagai keluhan atau kritik dari netizen.
Sebab dikhawatirkan jika medsos tidak dikelola secara profesional, bisa menurunkan reputasi atau citra lembaga pemerintah.
“Berikan juga konten edukasi, motivasi dan info yang bermanfaat lainnya,” ujar Ahli Pengelolaan Media Sosial Pracoyo Wiryoutomo dalam seminar online yang diselenggarakan Instititut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Selasa (7/12/2021).
Turut hadir dalam seminar, praktisi public relations dari SCTV Haryanto, dan Wakil Direktur Inbound Indonesia Heni Hanifah. Acara dipandu Ketua Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat IISIP, Nurlina Bangun.
Pracoyo yang CEO Spora Comm itu menyarankan sudah saatnya akun official media sosial tidak kebanyakan berisi konten serimonial.
Selama ini, dari pengamtannya, akun resmi lembaga pemerintah masih ada yang malas merespon interaksi netizen. Entah itu pertanyaan, ataupun komentar yang kadang pedas.
Padahal, kecepatan memberi respon itu sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga reputasi Lembaga.
“Saya salut dengan akun Devisi Humas Polri dan PLN. Sekarang akun Humas Polri malah sering menjadi tempat pengaduan masyarakat. Apalagi kasus yang menyangkut anggota polisi,” jelasnya.
Sumber: https://www.liputan6.com/on-off/read/4731312/jaga-kepercayaan-lembaga-pemerintah-diminta-kelola-medsos-official-dengan-profesional