Biar Bisnis Rumah Sakit dan Klinik Bersinar Terang
Entah nasib Klinik Anggrek, klinik Fakhira, Klinik Kartika, dan beberapa klinik yang mungkin dekat dengan rumah Anda. Apakah mereka juga termasuk yang bisa menikmati keuntungan di masa krisis ini. Kita kesampingkan dengan klinik aborsi ya, karena pasti tidak ada izin. Tetapi, yang pasti, saat ini tidak semua klinik dan perusahaan di bidang farmasi yang bisa menikmati masa-masa panen di bidang bisnis jasa Kesehatan ini.
Mau buktinya? Coba Anda googling, dengan kata kunci “klinik dijual” atau sejenisnya, maka akan muncul beberapa klinik yang akan dilego. Aneh bukan? Saat orang menangguk untung dalam jumlah besar, yang terjadi justru sebalikya. Prihatin.
Bagaimana dengan bisnis rumah sakit? Rumah sakit yang besar seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Pertamina, RSPI, RS Hermina, sangat mungkin tidak kesulitan mendapatkan pasien. Mereka bisa menjaga performa, bahkan menambah ruang, menambah kapasitas tempat tidur pasien.
Hanya saja, coba perhatikan rumah sakit terdekat Anda, rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, gak sedikit yang pusing mendapatkan pasien bahkan bangkrut. Sekali lagi, tak semua rumah sakit, RSPI, RS jiwa, RS terdekat, kondisinya baik-baik saja. Banyak yang menjerit kekurangan pasien.
Pertanyaanya, kok bisa di saat banyak orang sakit, justru malah kolep? Kekurangan pasien? Kemungkinan banyak. Bisa jadi karena manajemen yang buruk, dokter-dokter yang praktek kurang responsif atau kurang ramah dengan pasien. Bisa juga karena pelayanan yang buruk. Kebanyakan, pasien malas datang lagi ke klinik atau ke rumah sakit tertentu, karena tidak puas dengan pelayanan. Sejak dari pintu masuk, di resepsionis, di ruang praktek dokter, semua tidak well come dengan pasien.
Penyebab lain, ada beberapa klinik dan rumah sakit yang justru sibuk mencari untung. Mereka memakai banyak akal agar para pasien keluar uang sebanyak mungkin. Apalagi yang dijamin dengan asuransi umum dan pasien yang membayar dengan biaya sendiri, rumah sakit dan klinik ada kalanya menjadikan mereka bagai sapi perah. Di cari-cari terus apa yang bisa dilakukan agar uangnya keluar sebanyak mungkin. Sekali berobat mungkin berhasil, tetapi hampir dapat dipastikan dia tidak mau datang lagi.
PERLU PROMOSI
Anda, para pengelola rumah sakit, klinik sangat perlu promosi. Jangan berfifkir bahwa rumah sakit dan klinik hanya bisa melayani pasien yang terdekat dari lokasi. Asalkan ada pelayanan yang bagus, ada dokter spesialis yang mumpuni, dan dikelola dengan baik promosinya, maka pasien dari jarak jauh pun bisa berdatangan.
Jadi, klinik pratama, klinik 24 jam, Klinik Kesehatan, Klinik Medika, Poliklinik atau yang sudah punya nama semisal Klinik Anggrek, Klinik Fakhira, Klinik Kartika, tetap perlu sentuhan promosi. Rumah sakit bagaimana? Sama saja, Anda ingin rumah sakit setenar Rumah sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Pertamina, rs Hermina, rspi, mulailah merencanakan sistem promosi yang bagus.
Rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, rumah sakit terdekat perlu memiliki grand design promosi. Ingat promosi tidak selalu dalam bentuk iklan ya. Oh ya, rumah sakit dan klinik kan memang dilarang beriklan ya. Nah, tetapi bukan berarti tidak bisa mencari pasien baru dengan cara promosi.
Bagaimana caranya? Ada banyak cara. Anda bisa melihat bagaimana klinik dan rumah sakit yang baru berdiri tetapi langsung kebanjiran pasien. Contoh Klinik Lamina, Klinik Dr. Indrajana, Rumah Sakit Siloam, Eka Hospital, mereka melakukan banyak promosi secara halus, tetapi langsung dengan ke jantung calon konsumen.
Apakah klinik dan rumah sakit Anda, ingin segara menjadi besar? Ingin mendapatkan keuntungan dari situasi pandemi ini? Ingin cuan yang berlimpah? Jika ya, maka saatnya Anda membuat mata anggaran promosi setiap tahun. Tetapi, caranya bagaimana? Sebenarnya tidak sulit. Bisa memanfaatkan media sosial dan Youtube. Cuma, gak sekedar asal ada. Perlu strategi dan perlu ilmu. Nah, ini ada yang ahli di bidang ini, yakni Spora Comm.
MENGAPA MEMILIH SPORA COMM?
Kami memiliki ilmu dan pengalaman mengelola media sosial klinik-klinik yang sekarang sudah maju. Kami juga memiliki ahli strategi marketing atau promosi untuk mengelola klinik dan rumah sakit.
Selain itu, Spora Comm juga akan membantu Anda memberikan layanan kepada calon customer, calon pasien, tanpa Anda bersusah payah merekrut karyawan untuk menjawab tentang aneka layanan di klinik atau di rumah sakit yang Anda Kelola.
Segera hubungi kami. Mumpung promosi.